Breaking News
Loading...
Senin, 24 September 2012

Makanan Khas Sedekah Bumi

17.42
Jika anda berwisata ke Desa Mojo ketika sedekah bumi (bulan Apit), mungkin anda menjumpai setiap rumah yang berada di Desa Mojo ini menyediakan makanan (jajanan) yang sama, yaitu Tape dan Gemblong. Karena makanan ini sudah turun temurun disajikan dari nenek moyang Desa Mojo. Uniknya kedua makanan ini dibuat dari bahan yang sama, yaitu dengan bahan dasar "Ketan", tapi cara pembuatannya berbeda.
Tape ini terbuat dari ketan yang sudah direbus, kemudian diragi sambil ditum (dibungkus dengan daun pisang -red) dan dibungkus karung (dijadikan satu) disimpan pada tempat yang kering dengan suhu yang normal, sampai beberapa hari sehingga menjadi ketan tadi lunak dan manis.
Gemblog juga terbuat dari ketan, cuma cara pembuatannya berbeda, cara pembuatan makanan ini dengan cara ketan direbus, dicampur santan dan garam (sedikit) sampai pulen, kemudian ditiriskan. Setelah ditiriskan, kemudian dideplok (ditumbuk -red) sampai tekstur ketannya halus dan menyatu. Dari sini mengapa makanan ini dinamakan Gemblog, karena proses pembuatan makanan ini dengan cara yang tadi disebutkan.
Makanan ini sebenarnya sudah merambah diberbagai daerah, cuma namanya berbeda-beda. Seperti di Daerah Sragen dan sekitarnya makanan ini dinamakan Jadah. 

1 komentar:

 
Toggle Footer