Breaking News
Loading...
Minggu, 06 Oktober 2013

Khazanah Kyai Kampung - Episode 1

20.30
Istilah kyai kampung sudah banyak yang lupa mungkin. Padahal Gus Dur guru besarnya. Beliau juga yang mendeklarasikannya. Berikut ada sedikit kabar-kabari khazanah kyai kampung Desa Mojo. Ada uswah yang sangat berharga dari pojok kampung yang bisa kita jadikan suri tauladan. Ceritanya sebagai berikut:

"Pas acara tahlil Jum'atan (tradisi wong deso eleng ma leluhur dengan bertahlil bersama-sama) udah seperti biasa masyarakat semua berkumpul trus tahlil bareng dengan dipimpin oleh tokoh masyarakat. Lha hal yang sangat menarik adalah sikap kedua tokoh masyarakat pojok kampung ini. Sebut saja beliau ini adalah Bpk. Ah. Sudiqto (alumni Pondok Sirahan, Ngemplak - Kajen dan Cepu), dan yang satunya adalah Bpk. Abdurrohim (alumni Pondok Ngagel, Kediri dan Dokaton). Beliau berdua ini sebaya, namun ketika pas pada gilirannya menjadi imam tahlil keduanya saling mempersilahkan begitu juga pada saat memimpin do'anya. Walhasil, Lek Dul (panggilan akrab Bpk Abdurrohim) yang ngimami (memimpin) tahlil dan Lek Diqto (panggilan akarab Bpk. Ah. Sudiqto) yang mimpin do'a." 

Dari sini Saya merenung: "apa ini salah satu yang pingin diwujudkan Gus Dur? Antar tokoh walau berbeda pondok dan tempat tempaan belajarnya, tetap saling menghormati dan menghargai antar sesama". Oh ya di kota-kota Pembaca yang budiman ada tidak ya semacam ini? :)

Masih ada cerita-cerita lain dari pojok kampung kami. Tunggu saja khazanah Kyai Kampung episode selanjutnya.:)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer