Breaking News
Loading...
Jumat, 11 Oktober 2013

Khazanah Kyai Kampung - Episode 3

11.04
Alhamdulillah kita masih dipertemukan lagi dalam kabar-kabari pojok kampung. Gimana kabar sobat-sobat semua, baik-baik semua tho? Kabar-kabari pojok kampung kali ini, sedikit saling kaweruh dengan sosok yang nyentrik, pemuda energik, jenius, tawadlu’ lagi dan yang takkalah hebatnya sosok ini senang banget dengan Gus Dur. Panggil aja Mas Dur. Sangkeng senengnya siapa pun yang pernah bersinggungan dengan Gus Dur pingin sekali dia temui dan silaturrahim. Walau Mas Dur ini belum pernah bertemu secara langsung dengan Beliau. Wah jangan-jangan Mas ini, kategori kelompok-kelompok Uwaisiyah (pecinta yang takpernah ketemu secara fisik). ha ha ha ha ha, ma’af bercanda.

Gimana sobat-sobat, Penasaran gak? Wah… kalo ingin memulai kabar-kabari sosok yang ini, jadi pakewuh kabeh nie. Ingin dimulai dari mana ya. Wah… enaknya, sungkem dulu ajalah, ma’afe Mas pojok kampung lagi gladur. ha ha ha ha ha.

Ghini lho Mas… Mas inikan sering pingin nemuni sapa saja, tapi gak mau ditemuni siapa saja. Mumpung ketemu Mas, enaknya ngobrol apa ya? Opo ngalor ngidul sakenake dewe ngono wae Mas? h h h h h, Sampean iku lho Mas, kalau diajak ngobrol iku mesam-mesem wae awale, nanti kalau udah mut diendek ra iso. Mendadak Mas Dur tertawa h h h h h. Wah ini bertanda suasana cair. He he

Wah enaknya, ngobrol nyantai wae yo Mas, ngobrol tentang temen-temen kita aja, sekarang dimana, lagi ngopo n duwe pengalaman opo? Atau ngerasani NU dan Gus Dur wae. 
Mas Dur: Ojo, kwalat. Timpalnya. 
Saya: h h h h h. wah, Sampean isih kenal kwalat tah?
Mas Dur: Lho dikelompokku, kuwalat kan nomer siji. h h h h h.
Saya: Selain kuwalat apa Mas? 
Mas Dur: cinta sama keturunan Kanjeng Nabi. 
Saya: Trus apa lagi Mas? 
Mas Dur: berjanjen, wanaqib, ziarah kubur, kumpul wong Kristen, Budho (Budha), Hindu, Konghucu, dll. 
Saya: Nak karo Sosialis, Komunis, Liberalis piye Mas? 
Mas Dur: Yo gak apa-apa. 
Saya: Jadi podo karo NU? 
Mas Dur: Yo tho, NU madhab Gus Dur. h h h h h. 
Saya: Lho emangnya Gus Dur itu jadi madhab Mas? 
Mas Dur: Ya, madhab Salafus Sholih. h h h h h. 
Saya: Tak kiro madhab opo Mas, ojo ngaget-ngageti Mas, nanti malah jadi polemik ditemen-temen kita, kayak nanggapi JIL-nya Mas Ulil. h h h h h. Oh yo Mas, nak Sampean modele kayak gitu terus piye karo temen-temen kayak Jahulah dll? 
Mas Dur: Nyante aja, disana kan di kang Zandab. Baru aja kemarin, temen-temen Jahulah itu bangga banget. 
Saya: Bangga kenapa Mas? \
Mas Dur: Ya bangga karena merasa terhormat dipanggil sebagai tamu kehormatan Israil, karena “tolong ini rahasia lho” mereka merasa terhormat sebagai salah satu lembaga keagamaan di Indonesia yang dapat undangan/panggilan khusus oleh Israil. 
Saya: Kenapa yo Mas, kok temen-temen Jahulah dipanggil khusus, padahal mereka kan yang demo-demo tentang Israil? 
Mas Dur: Yo sederhana menurutku, karena gerakan mereka menggalakkan tata cara sholat di masjid-masjid. h h h h h. 
Saya: Ma’afe yo Mas, Kang Zandab itu wes ra doyan sarean tah? 
Mas Dur: h h h h h, Sampean itu, itulah salah satu NU madhab Gus Dur, Jahulah-jahulahlah yo tetep anjek. Hik hik hik.

Saya: Oh, yo q kok tertarik issu pean NU madhab Gus Dur itu Mas. kiro-kiro gambarene piye iku Mas?
Mas Dur: Wah… gambarene sederhana wae tho. Kayak yang digambarke Gus Mus :”NU, Aswaja itu tengah-tengah, diantara kanan dan kiri. Kadang-kadang tengah-tengahe rodok condong ke kiri, trus kadang-kadang tengah-tengahe rodok condong ke kanan. Jadi yo ono sing kiri, tapi ora ke kiri-en, ono sing kanan, tapi ora ke kanan-en. 
Saya: Oh gitu tho. Oh yo Mas, coba contohke Mas sing riel gitu, Aku ben mudeng?
Mas Dur: Secara singkat wae yo, nanti kapan-kapan kita lanjutkan. 
Saya: Oke Mas. 
Mas Dur: Menurutku gini, Sampean kenal Mamang tho?
Saya: Oh yo Mas. 
Mas Dur: Itu NU madhab Gus Dur ala wahabi. 
Saya: Trus Mas? 
Mas Dur: Sampean isih eling Bang Tri tho?. 
Saya: Oh yo Mas. 
Mas Dur: Itu NU madhab Gus Dur ala Muhammadiyah. Trus kalau Mbk War itu Nu madhab Gus Dur ala Gerwani. h h h h h. Trus Bung Mil itu NU madhab Gus Dur ala Kapitalis Liberalis. Wah masih akeh lah, gak cukup kalau cuma sekedar ngobrol-ngobrol gini tentang ngerasani temen-temen dan Gus Dur. Oh, ya boleh nambahi. Kalau Sampean Mas adalah Nu madhab Gus Dur ala Syi’i. h h h h h. ma’afe Mas lagi wani gladur. 
Saya: h h h h h Sampean iso-iso wae kang, Moga aja kita dapat berkah berkat karomahnya dan yang penting jauh dari kwalatnya. Amiin

Saya: Sik sik Mas, bolehkah aku sedikit nyimpulke apa yang ingin dibangun Gus Dur ke depan. 
Mas Dur: Oh yo monggo gak apa-apa. 
Saya: Apakah bener Nu madhab Gus Dur itu adalah upaya gerakan membangun emporium peradaban Nusantara? 
Mas Dur: Wah pinter Sampean kang, nyimpulke lewat model pertanyaan. Sing penting piyelah modele tetep anut Wali Songo. 
Saya: Terima kasih banget Mas. Semoga kabar-kabari pojok kampung ini bermanfa’at dan jauh dari kemadhorotan dan kemafsadahan. Amiin ya robbal alamin.

karikatur Gus Dur
 Sobat-sobat, semoga kita besok masih menyaksikan terbitnya matahari di ufuk timur dan terbenamnya matahari di ufuk barat. (selamet Raharjo).

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer